Jumat, 05 Juni 2015

6 Makanan yang bisa mencegah sembelit

Wajib dicoba! 6 Makanan yang bisa mencegah sembelit

Reporter : Destriyana | Sabtu, 30 Mei 2015 04:07

Wajib dicoba! 6 Makanan yang bisa mencegah sembelit
Ilustrasi Sakit Perut. ©2014 Merdeka.com
Merdeka.com - Sembelit bisa sangat menyakitkan dan membuat Anda menderita perut kembung. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 25-30 gram serat per hari untuk mencegah sembelit. Selain menyertakan makanan kaya serat, Anda juga harus minum air putih sebanyak 8-10 gelar per hari. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mencegah sembelit.

1. Buah pir
Pir dianggap sebagai obat pencahar alami. Buah ini juga dapat meringankan pergerakan tinja ketika melalui usus.

2. Wortel
Penuh serat, wortel mentah merupakan makanan yang dapat meningkatkan gerakan tinja Anda. Ingat, jika Anda ingin mencegah sembelit dengan wortel, pastikan Anda memakannya dalam keadaan mentah. Sebab, wortel yang telah dimasak justru dapat menyebabkan sembelit.

3. Nanas
Nanas dapat membantu mengatur sistem pencernaan sehingga Anda bisa menghindari sembelit.

4. Apel
Apel bisa menjadi obat untuk sembelit. Selain kaya vitamin C, apel juga mengandung banyak serat. Satu apel mengandung sekitar 3,3 gram serat.

5. Pepaya
Pepaya merupakan obat pencahar alami bagi Anda yang mengalami sembelit. Buah tinggi serat ini bisa memperlancar pencernaan Anda dan mencegah sembelit.

6. Brokoli
Brokoli merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Brokoli juga rendah lemak dan kaya nutrisi. Untuk mempertahankan kandungan serat dalam brokoli, jangan memasaknya terlalu lama.

Inilah enam makanan yang bisa membantu Anda mencegah sembelit. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com